Pengelolaan Hutan

Oleh PT. Wijaya Sentosa  areal seluas 130.755 hektar dikelola sebagai satu unit kelestarian hutan dengan jenis produknya berupa kayu bulat, sesuai dengan izin yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Dalam mengelola hutan yang berupa hutan alam tropis tersebut, kami menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan hutan produksi lestari (PHPL), yang meliputi  kelestarian fungsi produksi, fungsi ekologi dan fungsi sosial. Sedangkan untuk mencapai kelestarian ditempuh tiga strategi manajemen, yaitu:

  • Manajemen kawasan, melalui serangkaian kegiatan  perencanaan dan implementasi penataan hutan menurut fungsinya serta jaminan  pengamanan hutan dari setiap gangguan akibat perambahan dan alih fungsi secara illegal untuk mencapai kepastian hukum atas penggunaan lahan sebagai kawasan hutan.
  • Manajemen hutan, merupakan serangkaian strategi mencapai kelestarian hutan meliputi kegiatan pemilihan dan penerapan sistem silvikultur, pengaturan hasil, pengamatan pertumbuhan dan kondisi tegakan hutan , efisiensi pemanfaatan hasil hutan,  sistem lacak balak, dan pengelolaan lingkungan pasca pemanenan.
  • Manajemen kelembagaan, yaitu sebagai upaya untuk menciptakan kelembagaan yang kuat meliputi penataan organisasi, peningkatan sumber daya manusia, sistem informasi manajemen, tenaga profesional, investasi dan reinvestasi.

Landscape PT. Wijaya Sentosa

 

Kegiatan Penanaman