Harvesting

Dalam pemungutan hasil hutan (harvesting) diterapkan metode Reduced Impact Logging (RIL), yaitu teknik pemungutan hasil hutan yang berdampak rendah terhadap lingkungan. Teknik ini diawali dengan kegiatan ITSP yang dilengkapi dengan pembuatan rencana jalan sarad dan arah rebah pohon yang akan ditebang yang disajikan dalam Peta sebaran pohon hasil survey ITSP bersamaan dengan survey topografi.

Selanjutnya kegiatan harvesting mengikuti arahan Peta rencana jalan sarad dan Peta rencana tebangan yang telah disusun dalam sistem RIL dilaksanakan berdasarkan Rencana/Managemet Plan yang telah disusun sebagai dasar bagi pelaksana lapangan.

Kegiatan penebangan dilakukan terhadap jenis-jenis pohon yang termasuk jenis komersial dengan diameter > 40 Cm untuk kawasan Hutan ProsProduksi dan diameter > 50 Cm untuk kawasan Hutan Produksi Terbatas. Jenis-jenis pohon yang termasuk dalam kategori dilindungi sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah dan termasuk dalam daftar IUCN dilakukan dengan penandaan khusus dan tidak boleh ditebang.

Pembuatan jalan sarad dengan sistem RIL

 

Proses Penebangan Pohon