SOSIAL DAN LINGKUNGAN

Dalam melaksanakan proses kerja oleh PT.Sinar Wijaya Plywood Industries tentu akan menimbulkan dampak-dampak positif dan negatif terhadap lingkungan sekitar sehingga ditentukanlah tanggung jawab untuk mengatasi dampak-dampak tersebut yang dibagi menjadi 2 yaitu tanggung jawab lingkungan dan tanggung jawab perusahaan. Adapun dampak-dampak secara garis besar yang dihasilkan oleh PT.SWPI yaitu:

  • Dampak yang diperhatikan yaitu Kebisingan setelah proses pengukuran yang dilakukan didapat hasil dari sumber kebisingan yaitu di pabrik PT.SWPI menghasilkan kebisingan sebesar 83.9 dB(A) tingkat kebisingan ini termasuk dibawah mutu ketetapan kebisingan yang ditetapkan pemerintah yaitu 85 dB(A) sehingga masih ditoleransi kemudian untuk kebisingan yang dihasilkan dari sumber ke lingkungan sekitar masing-masing yaitu 60.6 dB(A), 50.1 dB(A) dan juga termasuk dibawah batas mutu.
  • Dampak lain yaitu mempengaruhi kualitas air disekitar PT.SWPI. Limbah-limbah yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik yang mengalir ke sumber-sumber air dan setelah diteliti terdapat sumber air di sungai kerenui yang memiliki kondisi cukup baik dan juga menjadi kebutuhan baku untuk mata air penduduk sekitar dan perusahaan berada diluar area lokasi industri dan tidak mengalir melewati lokasi industri PT.SWPI dengan kata lain aman digunakan.
  • Kualitas air laut juga ikut terpengaruh oleh kegiatan kerja dari PT.SWPI dan setelah diteliti kualitasnya cukup baik sesuai dengan paramater-parameter seperti bahan-bahan kimia yang digunakan. Begitu juga untuk kualitas air tanah dikarenakan masyarakat sekitar juga memanfaat sumur sebagai sumber air.
  • Kegiatas produksi plywood menghasilkan air limbah yang berasal dari glue spreader atau mesin pencampur lem dan PT.SWPI menggunakan alat pengolah air limbah namun masih melebihi batas mutu sehingga untuk dampak ini SWPI masih belum efektif