CSR atau Tanggung Jawab Perusahaan

Kami sangat berkomitmen untuk terus memberikan perhatian yang cukup besar serta mendorong terus adanya kemajuan sosial bagi masyarakat lokal di mana kami melakukan kegiatan operasional melalui pemenuhan terhadap hak-hak masyarakat, menghormati adat dan budaya setempat, menumbuhkan semangat pendidikan dan usaha yang akan memberikan peluang peningkatan kesejahteraan.

Hal ini akan menjadi modal sosial yang baik bagi pengembangan perusahaan, di mana masyarakat lokal dalam jangka panjang diharapkan dapat menjadi mitra utama dalam bentuk kerjasama maupun dukungan yang saling menguntungkan.

Bentuk kegiatan dan program pemberdayaan sosial diharapkan akan mampu meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasarnya secara mandiri. Beberapa kebutuhan dasar masyarakat yang akan menjadi concern bagi program corporate social responsibility (CSR) PT. SWPI antara lain pendidikan, kesehatan, kegiatan usaha/ekonomi masyarakat, sarana dan prasarana umum.

CSR

CSR2

Kepedulian sosial perusahaan juga didasari alasan bahwa kegiatan perusahaan telah membawa dampak baik atau buruk bagi perubahan kondisi lingkungan dan sosial-ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat adat setempat disekitar unit manajemen. Sejatinya, peran pemilik perusahaan bukan sebatas sebagai shareholders (pemegang saham) saja, melainkan berfungsi pula sebagai stakeholders yang berkempentingan terhadap perbaikan sosial ekonomi masyarakat dan lingkungan, yang pada akhirnya juga memberi penguatan terhadap eksistensi dan citra perusahaan.

Sebagai contoh kepedulian yang telah kami lakukan pada tahun 2016 ini, program-program CSR yang direncanakan adalah melanjutkan pada tahun sebelumnya dan akan lebih mengarahkan pada pengembangan program pemberdayaan. Pengembangan program pemberdayaan masyarakat didasarkan atas hasil monitoring dan evaluasi serta pengembangan program melalui observasi lanjutan yang telah dilakukan di kampung-kampung binaan. Fokus perhatian pada peningkatan kebutuhan dasar masyarakat dengan memperluas sistem pertanian menetap, peningkatan pendidikan, dan peningkatan penyediaan sarana dan prasarana pendukung kehidupan sosial masyarakat.

Dalam RO tahun 2016 ini, PT.SWPI juga merencanakan akan melakukan Social Impact Assesment (SIA) di kampung-kampung binaan, dengan tujuan untuk perbaikan program dan penentuan jenis kegiatan CSR yang lebih efektif dan aspiratif masyarakat sekitar.

Aspek-aspek yang akan dicakup dalam program CSR PT. Sinar Wijaya Plywood Industries pada tahun 2016 ini adalah sebagai berikut :

  • Aspek Penguatan Kelembagaan Sosial dan Ekonomi Masyarakat
  • Aspek Bantuan Prasarana Umum
  • Aspek Pelayanan Pendidikan dan Sosial
  • Aspek Operasional dan Pengembangan