SINAR WIJAYA PLYWOOD INDUSTRIES

Sinar Wijaya Plywood Industries menjadi ujung tombak bagi Sinar Wijaya Group (Divisi Industri Perkayuan) dengan produk utamanya kayu lapis dan decking berkualitas tinggi. Berlokasi di Dawai - Serui, Kabupaten Yapen Waropen, Provinsi Papua. Kawasan industri berada di dalam areal seluas 274 hektar,

SWPI sebagai industri hulu di bidang perkayuan telah memenuhi syarat legalitas berdasarkan surat Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari Nomor S.600/PHPL/PPHH/HLP.3/8/2017 tanggal 21 Agustus 2017.  Melalui Surat Keputusan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal No : 29/1/IUIPHHK-PL/PMDN/2017 tentang pemberian izin perluasan usaha industri primer hasil hutan kayu, industri ini memiliki kemampuan untuk mengolah bahan baku kayu bulat menjadi kayu olahan dalam bentuk plywood dengan kapasitas 168.000 m3 per tahun, kayu gergajian (sawn timber) dan moulding dengan kapasitas 72.000 m3, veneer dengan kapasitas 20.000 m3/tahun, dan arang kayu sebesar 24.000 ton/tahun dengan standar hasil yang mampu memenuhi syarat pasar global.

Seiring dengan perkembangan dan perluasan usaha, PT. SWPI telah membangun pabrik arang kayu/briket/charcoal. Pembangunan pabrik charcoal ini sebagai bentuk upaya dalam mewujudkan zero waste di setiap proses produksi PT. Sinar Wijaya Plywood Industries. Pembangunan industri charcoal ini juga memanfaatkan limbah padat industri olahan kayu gergajian dan plywood yang selama ini belum dimanfaatkan.

Awal Mula Pembangunan Pabrik Arang Kayu/Briket/Charcoal di PT. Sinar Wijaya Plywood Industries

Dalam pertumbuhan dan pengembangannya, selain dukungan dari aspek kecukupan bahan baku, sangat diperlukan tersedianya sumber daya manusia (SDM) termasuk dari putra-putri terbaik daerah, peningkatan teknologi dalam memanfaatkan sumber daya yang tersedia serta kemampuan menembus pasar yang lebih luas. Oleh karena itu SWPI dalam hal ini memiliki komitmen yang kuat pula untuk meningkatkan kompetensi SDM melalui pendidikan dan pelatihan secara in-house training maupun yang diselenggarakan oleh lembaga lain.

SWPI meyakini bahwa sumber daya yang baik, semangat bekerja yang tinggi, adanya kerjasama dan dukungan semua pihak serta prinsip nilai moderen yang positif  merupakan kunci sukses perusahaan yang akan menghasilkan kemajuan dalam pembangunan ekonomi maupun sosial bagi khususnya wilayah Indonesia bagian timur.

Kembali ke Halaman Sinar Wijaya Group