Tanggung Jawab Lingkungan

Kami berkomitmen untuk menjaga keseimbangan lingkungan hidup dengan melakukan pengelolaan hutan melalui cara-cara yang ramah lingkungan, taat dan konsisten menjalankan peraturan dan undang-undang yang ditetapkan Pemerintah. Laporan pelaksanaan RKL-RPL PT. Jati Dharma Indah Plywood Industries telah diterima dan mendapat pengesahan dari Balai Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Nabire.

No Dokumen Keterangan
1 Laporan RKL-RPL Tahun 2013 Desember 2013
2 Laporan RKL-RPL Semester I Tahun 2014 Juli 2014
3 Laporan RKL-RPL Semester II Tahun 2014 Maret 2015
4 Laporan RKL-RPL Semester I Tahun 2015 Juli 2015
5 Laporan RKL-RPL Semester II Tahun 2015 Januari 2016
6 Laporan RKL-RPL Semester I Tahun 2016 Juli 2016

Jati Dharma Indah Plywood Industries juga menerapkan langkah-langkah praktis untuk menjaga dan melestarikan kualitas lingkungan dan sistem ekologi hutan alam yang meliputi biotik: tanaman, hewan, burung dan organisme hidup lainnya serta faktor abiotik seperti tanah, dan air.

Bentuk-bentuk Rencana Kelola Lingkungan (RKL) untuk memperkecil/mengurangi dampak negatif yang disebabkan oleh kegiatan operasional antara lain :

  1. Melakukan tindakan konservasi tanah dan air untuk mengurangi tingkat erosi dan sedimentasi,
  2. Memantau Kualitas air sungai melalui pengukuran dan analisa kualitas sampel air sungai di laboratorium yang dilakukan setiap tahun.
  3. Penanaman areal kosong dan tidak produktif untuk memelihara tanah dari erosi, serta kegiatan pengayaan di areal bekas tebangan.
  4. Penerapan Reduced Impact logging (RIL) atau penebangan ramah lingkungan,
  5. Tindakan pengelolaan dan pemantauan keanekaragaman hayati yang tergolong langka, hampir punah, endemik dan dilindungi sesuai hasil studi NKT.

jdipi-gabungan

A. Pembuatan Bak Erosi sebagai salah satu bentuk Kelola Lingkungan (Kiri)
B. Kegiatan Pengelolaan Limbah B3 (Kanan)