SOSIAL & LINGKUNGAN

Sebagai pemegang IUPHHK jangka panjang, dipandang perlu untuk secara aktif melindungi hutannya dari segala macam gangguan dan kerusakan hutan yang disengaja.  Perlindungan hutan sebagai salah satu kewajiban yaitu usaha menjaga kelestarian sumber daya alam dan kesinambungan pemanfaatan hutan, dengan melaksanakan kegiatan pencegahan terhadap gangguan hutan, antara lain, pencurian/penebangan liar, perambahan hutan, pengendalian hama dan penyakit serta perlindungan terhadap jenis-jenis satwa dan tumbuhan alam yang dilindungi beserta habitatnya. Berbagai macam cara perlindungan hutan yang akan dilakukan seperti :

  • Pencegahan terhadap gangguan pencurian dan perambahan hutan, yaitu dengan cara memberikan pembinaan dan penyuluhan hukum terhadap masyarakat di sekitar hutan. Memberikan bantuan dalam pengembangan usaha masyarakat dengan kegiatan yang beraneka ragam usaha di bidang kehutanan, seperti hutan kemasyarakatan, agroforestry dengan bekerja sama dengan instansi terkait.
  • Pencegahan terhadap perburuan liar terhadap flora dan fauna yang dilindungi, dengan penempatan pos-pos jaga petugas Satuan Pengamanan (Satpam) pada jalan masuk ke areal IUPHHK PT. JATI DHARMA INDAH PLYWOOD INDUSTRIES. Disamping itu dilakukan patroli pengamanan dan pemasangan papan pengumuman yang berisi larangan.
  • Perlindungan jenis flora dan fauna khas dan langka, serta tumbuh-tumbuhan yang menghasilkan daun, buah atau biji yang biasa diambil oleh masyarakat atau dimakan satwa yang ada di kawasan itu, dengan tidak menebang jenis tersebut yang diberi tanda khusus, serta mempertahankan vegetasi sepanjang sungai dan di sekitar mata air.
  • Perlindungan terhadap hama dan penyakit dilakukan dengan cara membasmi pohon-pohon yang diserang hama penyakit khususnya pada hutan tanaman, menggunakan insektisida, fungisida, herbisida dan keseimbangan biologi bekerja sama dengan instansi terkait.