Perencanaan Hutan

Kegiatan operasional PT. Jati Dharma Indah Plywood Industries, menimbulkan beberapa dampak terhadap lingkungan maupun sosial ekonomi bagi masyarakat di sekitar area perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung. Dampak yang timbul dapat berupa perubahan kondisi lingkungan maupun dampak yang berkontribusi terhadap social ekonomi masyarakat sekitar area unit managemen. Upaya meminimalkan dampak lingkungan dan mengelola dampak lain yang timbul akibat kegiatan IUPHHK, PT. Jati Dharma Indah Plywood Industries telah mengimplementasikan Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) dari dokumen Andal mulai tahun 2013 s.d. 2016.  Di samping itu, akan dilakukan pula penyusunan Management Planning untuk melengkapi dokumen RKU dengan bahan-bahan komplemen dari hasil Studi Penilaian HCV dan Studi PRA-SIA yang telah dilakukan PT. Jati Dharma Indah Plywood Industries.

Dalam kegiatan perencanaan, pengelolaan dampak maupun tindakan pencegahan dampak yang timbul dilakukan melalui penerapan Reduced Impact Logging, dengan menjalankan tahapan-tahapan kegiatan pemanenan sesuai prosedur yang telah ditetapkan dan ramah lingkungan yang meliputi :

  • Kegiatan inventarisasi tegakan hutan
  • Penataan wilayah hutan
  • Rencana pembukaan wilayah hutan
  • Rencana pembuatan jalan dan jalan sarad
  • Pembuatan trase jalan
  • Pemantauan pelaksanaan penebangan dan penyaradan, dan
  • Tahapan kegiatan lain yang bertujuan untuk meminimalkan kerusakan lingkungan akibat kegiatan produksi PT. Jati Dharma Indah Plywood Industries.

Sejalan dengan upaya pengelolaan lingkungan, perusahaan juga tidak mengesampingkan aspek social ekonomi yang yang berada di sekitar area perusahaan. Bentuk perhatian dalam aspek sosial ekonomi dengan memberikan sosialisasi dini kepada siswa sekolah dan masyarakat sekitar mengenai flora fauna dilindungi dan maupun pelaksanan kegiatan pengelolaan lingkungan yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan keanekaragaman hayati.

Dengan adanya perubahan luasan konsesi dan peningkatan sarana prasarana pendukung kegiatan telah pula dilakukan addendum terhadap dokumen Andal yang ada sehingga pengembangan program CSR dan kelola lingkungan bisa dilakukan secara kontekstual sesuai dengan kondisi dan situasi terkini.

Pembuatan batas-batas areal kerja PT. JDIPI

Pelaksanaan Tata Batas PT. JDIP Juni s/d Agustus 2019


Kegiatan inventarisasi tegakan sebelum penebangan (ITSP) merupakan salah satu aspek penting dalam reduced impact logging maupun kegiatan Chain Of Custody (COC)

Pengecekan lapangan dalam rangka Chain Of Custody (COC) / lacak balak