Penyerahan Sertifikat FSC 2016 untuk IUPHHK-HA PT. Wijaya Sentosa dan CoC FSC untuk PT. Sinar Wijaya Plywood Industries

Wijaya Sentosa, konsesi hutan di wilayah Papua, Indonesia baru-baru ini menjadi operasi hutan skala besar pertama di dunia untuk mencapai sertifikasi Pengelolaan Hutan FSC untuk merbau, kayu tropis populer untuk digunakan dalam decking, flooring, dan outdoor furniture.

Perjalanan menuju sertifikasi didukung oleh WWF – Indonesia, The Borneo Initiative, dan pelanggan utama PT. Sinar Wijaya Plywood Industries, rantai hardware rumah tangga Australia Bunnings. Pada 130,000 ha konsesi PT. Wijaya Sentosa merupakan pencapaian penting dalam memerangi isu deforestasi dan pembalakan liar di daerah.

Sertifikasi Pengelolaan Hutan FSC untuk kayu premium merbau ( Instia sp) serta sejumlah jenis kayu keras, adalah yang pertama dari skala dan menunjukkan bahwa manajemen bertanggung jawab dari spesies yang rentan adalah mungkin.

WWF – Australia Tim Cronin mengatakan, "Prestasi FSC PT. Wijaya Sentosa jelas menggambarkan kekuatan kolaborasi antara pemasok dan pengecer untuk mendorong perubahan positif meskipun rantai pasokan global. Pengelolaan hutan berkelanjutan memberdayakan masyarakat sementara melestarikan keanekaragaman hayati ."

Merbau diklasifikasikan sebagai spesies yang rentan, nilai yang tinggi membuatnya menjadi target utama untuk penebangan liar dan eksploitasi yang berlebihan di seluruh wilayah Asia – Pasifik .

Dalam konteks ini, prestasi PT. Wijaya Sentosa sertifikasi FSC adalah contoh dari berbalik air pasang dengan menggeser ke manajemen yang bertanggung jawab dari kawasan hutan yang berharga ini. Sertifikasi FSC memastikan bahwa aspek sosial, lingkungan dan ekonomi dari hutan yang dikelola secara harmonis, memproduksi hasil positif secara keseluruhan untuk ekosistem, komunitas, pekerja, tanaman dan hewan.

Ada juga insentif ekonomi yang kuat untuk pengelola hutan untuk bekerja menuju pencapaian standar global tinggi FSC." Butuh tekad yang kuat untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencapai sertifikasi FSC, tapi itu membantu kita sangat untuk mengkonsolidasikan hubungan dagang dengan pembeli di luar negeri kami . "

Konsumen – terutama di Australia dan Selandia Baru di mana toko Bunnings akan menawarkan merbau bersertifikat FSC kemudian pada tahun 2016 –  sekarang memiliki kesempatan untuk memilih kayu keras tropis dan yakin mereka tidak berkontribusi terhadap isu-isu global yang serius dari deforestasi dan pembalakan liar .

Sumber: FSC International


 

BUNNINGS VISIT 2017

Dalam kegiatan perdagangan, kepercayaan merupakan modal utama yang menentukan tingkat keberhasilan proses perdagangan tersebut. Bunnings yang merupakan salah satu pelanggan utama produk PT. Sinar Wijaya Plywood industries melakukan kunjungan dari hulu ke hilir untuk melakukan pengecekan proses dari mulai penebangan pohon sampai dengan proses packing produk di industry setiap tahunnya.

Kunjungan dari Bunnings ini menjadikan sebuah cambuk bagi Sinar Wijaya Group untuk terus melakukan proses produksi sesuai aturan yang berlaku, dan meningkatkan kualitas baik dari segi kinerja maupun produknya.


 

Buka Puasa bersama Yayasan Yatim Piatu 2017

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah, Sinar Wijaya Group mempunyai agenda tahunan untuk mengadakan acara buka puasa bersama Yayasan Yatim Piatu.

Kegiatan ini selain untuk mempererat hubungan silaturahmi antar karyawan dan direksi, juga bertujuan untuk berbagi keberkahan dan kebahagiaan dengan anak-anak yatim.


 

Dalam rangka hari jadi Sinar Wijaya Group ke-15, pada tahun 2017 ini kegiatan Family Gathering dirayakan dengan mengajak seluruh karyawan/ i ke salah satu destinasi wisata yang cukup ternama di Indonesia, yaitu Pulau Belitung.

Kegiatan Family Gathering ini dilaksanakan selama 4 hari 2 malam. Dengan tetap melibatkan partisipasi dari seluruh karyawan, serangkaian acara games sampai dengan puncak Gala Dinner di Pantai Lemadang di malam terakhir dapat berjalan dengan lancar dan berkesan bagi semua peserta kegiatan.


 

RKAP 2018

Setiap tahun Sinar Wijaya Group mengadakan pertemuan untuk membahas tentang realisasi rencana kerja dan anggaran perusahaan untuk tahun berikutnya. Direktur dan manajer dari setiap anak perusahan bergabung dalam rapat kerja. Ringkasan dari pertemuan ini juga termasuk promosi bagi karyawan yang rajin dan bekerja keras .


 

Perayaan Cap Go Meh 2018

Sinar Wijaya Grup merayakan Cap Go Meh 2018 dengan acara makan malam bersama anggota SWG dan mengadakan pertunjukan Liong dan Barongsai. Acara berlangsung meriah, dan makin semarak dengan adanya beberapa permainan yang dipandu oleh MC dan pembagian hadiah (angpao) kepada seluruh karyawan dan jajaran direksi.